RPP TRIGONOMETRI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah     :
Mata Pelajaran    : Matematika
Kelas / Program  : XI (Sebelas) / Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian
Semester               : Ganjil
Alokasi Waktu     : 6 tatap muka (3 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
7.      Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
B.     Kompetensi Dasar
7.1.Menentukan dan menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.
C.    Indikator  Pencapaian Kompetensi
1.      Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen suatu sudut) pada segitiga siku - siku.
2.      Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
3.      Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen suatu sudut) pada segitiga siku - siku.
2.      Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
3.      Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
Karakter Peserta didik yang diharapkan  : 
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan

E.Materi Ajar
1.      Ukuran sudut.
2.      Perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku).
3.      Perbandingan trigonometri sudut - sudut istimewa.
4.      Perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi.
F.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
G.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Apersepsi :           -
4.      Motivasi   :          
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen suatu sudut) pada segitiga siku - siku.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai ukuran sudut dan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku),
2.  Elaborasi 
1.      kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal. 2 mengenai ukuran sudut dan hal. 3-4 mengenai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku)).        
2.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan bagaimana cara melakukan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku).
3.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 2 mengenai ukuran sudut dan hal. 4 mengenai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku).
4.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku) dari Aktivitas Kelas dalam buku paket hal. 5 sebagai tugas individu.
3.      Konfirmasi
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 5.
Penutup
1.      Peserta didik membuat rangkuman dari materi ukuran sudut dan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku).
2.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
3.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi ukuran sudut dan perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku) dari soal-soal pada Aktivitas Kelas yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
5.      Peserta didik dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
6.      Guru mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas

Pertemuan Kedua
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Apersepsi :
a.       Mengingat kembali tentang perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku).
b.      Membahas PR.
4.      Motivasi      :
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi 
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa,
2.      Elaborasi 
1.      kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal. 5-6 mengenai cara mengonversikan pecahan ke persen dan sebaliknya serta hal. 8 – 9 mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa).
2.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan bagaimana cara melakukan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
3.      Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 5-6 mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
4.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa dari Aktivitas Kelas dalam buku paket hal. 6 sebagai tugas individu.

3.      Konfirmasi
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 6.
Penutup
1.      Peserta didik membuat rangkuman dari materi perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
2.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
3.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa berdasarkan Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 6 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
5.      Peserta didik dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
6.      Guru mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.      Apersepsi :          
a.       Mengingat kembali mengenai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku – siku (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen pada segitiga siku-siku) dan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut istimewa.
b.      Membahas PR.
4.      Motivasi :
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi 
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran,
2.      Elaborasi 
a.       kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal. 6–11 mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran).        
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
c.       Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 11 mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
d.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perbandingan dari Aktivitas Kelas dalam buku paket hal. 11 sebagai tugas individu berupa uraian singkat.
3.      Konfirmasi
a.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari Aktivitas Kelas dalam buku paket pada hal. 11.
b.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 12 sebagai tugas individu.
Penutup
1.      Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran.
2.      Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
3.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, dan tangen) dari sudut di semua kuadran dari soal-soal latihan hal. 12 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
5.      Peserta didik dan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doá sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
6.      Guru mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas
H.    Alat dan Sumber Belajar
Sumber          :
Buku paket, yaitu buku Matematika Erlangga Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas XI hal. 2-12.
Buku referensi lain.
Alat                :
-       Laptop
-       LCD
-       OHP
I.       Penilaian
Teknik                   : tugas individu.
Bentuk Instrumen    :     pilihan ganda, uraian obyektif.
Contoh Instrumen    :    
1.   Nilai  adalah……
a.  0              d.                 
b.              e.  
c. 
2.  Jika  tentukan nilai dari :
               a.
  b.
  c.
  d.  
Sragi,  Juli 2016
Mengetahui,
Kepala  Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satuan Ukuran Sudut dalam Radian (rad)